Home Traveler's Note 8 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Di Pulau Belitung

 

Pulau Belitung menjadi terkenal seiring dengan booming-nya novel dan film “LASKAR PELANGI” karya Andrea Hirata. Daerah yang tadinya masih asing ini menjadi terkenal dan termasuk menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati selama beberapa tahun terakhir. Trus sebenarnya ada apa disana? mau ngapain disana? berikut hal-hal yang mungkin bisa menjadi referensi jika kamu berencana menyambangi daerah asal Laskar Pelangi ini

 

1.  Jelajahi Pantai-Pantai di Belitung, WAJIB!!!

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Males ah… udah sering main ke Pantai, ngapain jauh-jauh ke Belitung..!!!

Jangan salah, Pantai di Belitung ini mempunyai keunikan tersendiri. Cobalah main ke Pantai Tanjung Tinggi, dan kamu akan terbelalak dengan keindahannya. Perpaduan antara air biru yang jernih, pasir pantai yang putih dan deretan batuan granit yang besar akan membuatmu betah berlama-lama di pantai. Cobalah juga berburu sunrise di Pantai Penyabong, rasakan nikmatnya menunggu keindahan matahari terbit dari puncak batu granit yang membentuk bukit kecil yang dikelilingi air laut. Subhanallah….

2. Mengintip replika SD Muhammadiyah Gantong

Replika SD Muhammadiyah Gantong

Sudah pernah membaca novel atau melihat film laskar pelangi? Cobalah pergi ke daerah Belitung Timur. Di sana kamu bisa melihat sebuah (replika) SD Muhammadiyah Gantong tempat dimana para Laskar Pelangi menimba ilmu dengan kesederhanaan dan penuh keterbatasan fasilitas. Andai anak-anak sekolah saat ini bisa merenung, dan berpikir bahwasanya seorang Andrea Hirata yang semasa sekolahnya hanya diberi fasilitas seadanya saja bisa menjadi penulis terkenal, kenapa mereka yang fasilitasnya tercukupi malah pada tawuran? Ah sudahlah..

3. Mengunjungi Museum Kata

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata

Museum yang didirikan oleh Andrea Hirata ini diresmikan pada November 2012 yang lalu. Museum ini terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur. Inspirasi yang ada dalam museum ini didominasi oleh karya-karya Andrea Hirata. Selain berisi tentang kata-kata mutiara, museum ini juga berisi berbagai foto yang kebanyakan juga diambil dari tetralogi Laskar Pelangi. Di bagian belakang museum, terdapat ruangan dapur yang dijadikan kedai kopi kecil yang dinamakan “Warkop Kupi Kuli”.

4. Snorkeling

Pemandangan underwater di salah satu spot snorkeling di Belitung

Pemandangan underwater di salah satu spot snorkeling di Belitung

Dari Pantai Tanjung Kelayang, kita bisa menyewa perahu dan mengitari pulau-pulau kecil di sekitarnya. Di sini kita bisa melihat banyak spot menarik seperti batu Garuda, Batu berlayar, dan kalau beruntung kita bisa melihat bintang laut di Pulau Pasir. Sayangnya untuk tempat yang saya sebutkan terakhir, kita membutuhkan sedikit keberuntungan dan waktu yang pas. Karena Pulau Pasir hanya terlihat pada waktu-waktu tertentu (biasanya pagi) dan selanjutnya Pulau ini akan ‘tenggelam’ alias tertutup air laut. Saya adalah salah satu orang yang bisa dikatakan tidak beruntung menyaksikan Pulau Pasir itu saat berkunjung ke sana, hiks..

Gak cuma keindahan di permukaannya, keindahan alam bawah laut Belitung juga bisa kita intip dengan kegiatan snorkeling. Walaupun memang tidak seindah spot-spot snorkeling lain yang memang kondang karena keindahan alam bawah lautnya.

 

5. Mercusuar di Pulau Lengkuas

Mercusuar di Pulau Lengkuas

Mercusuar di Pulau Lengkuas

Sebenarnya masih nyambung dengan poin nomor 4, Pulau Lengkuas merupakan salah satu Pulau yang dapat kita singgahi saat kita menyewa perahu dari Pulau Kelayang. Keunikan Pulau ini adalah adanya adanya Mercusuar yang menjadi ikon pulau ini. Jika stamina-mu kuat (dan jika diijinkan masuk tentunya), kamu bisa menaiki bangunan ini dan melihat keindahan pulau Lengkuas dari ketinggian.

 

6. Wisata Kuliner

Mie Belitung Atep, rasanya juara!

Mie Belitung Atep, rasanya juara!

Kebanyakan kuliner di Belitung gak jauh-jauh dari seafood. Tetapi ada beberapa makanan yang gak boleh kamu lewatkan disini, salah satunya adalah Mie Atep. Mie khas belitung ini rasanya nagih banget apalagi jika disajikan dengan es jeruk kunci yang memang jadi pasangan serasi Mie Atep.. seger banget, terutama pas cuaca lagi panas. Selain Mie Atep, kamu harus cobain makanan khas Belitung lainnya seperti Gangan, Ketam isi, dll.

 

7. Ngopi dulu di Manggar

Budaya Ngopi di Manggar sangat kental, seperti kopinya

Budaya Ngopi di Manggar sangat kental, seperti kopinya

Kota Manggar, sering dikenal sebagai kota 1001 Kopi. Dan memang, jika kita berkunjung ke sana kita akan dengan mudah menemukan warung kopi. Bahkan di sini sampai dibuat Tugu 1001 Warung Kopi. Memang budaya ngopi di sini sangat kental. So, jika kamu berkesempatan singgah kesini, jangan lupa singgah dan menyeruput nikmatnya Kopi Manggar.

8. Menyambangi Danau Kaolin

Danau Kaolin yang sangat memanjakan mata

Danau Kaolin yang sangat memanjakan mata

Siapa sangka bekas pertambangan gak bisa jadi tempat yang indah? Coba kamu tengok Danau Kaolin di Belitung. Sekilas Danau Kaolin terlihat seperti Kawah Putih di Ciwidey, tapi tentu saja berbeda. Danau ini terbentuk dari bekas pertambangan kaolin yang ditinggalkan. Sedikit informasi, Kaolin adalah suatu mineral sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas, makanan, pasta gigi. Perpaduan warna putih bersih dengan warna biru muda menyala menjadikan keindahan Danau ini terlihat sangat memukau. Bahkan Ruth Sahanaya pun mengabadikannya dalam sebuah lagu, “Kaolin segalanya untukku.. Kaolin curahan hati ini…” #halah

Nah itu tadi hal-hal menarik yang bisa kamu lakukan di Belitung, tertarik untuk mengunjungi Negeri Laskar Pelangi ini?

4 replies to this post

Leave a Reply