Home Kuliner Abhayagiri Resto, Pemandangannya Bikin Kenyang!

Jika anda search image di google dengan kata kunci ‘Abhayagiri Restaurant’, kemungkinan anda akan lebih banyak mendapati foto pemandangan daripada foto makanan. Bukan berarti makanan di restoran tersebut tidak enak, tetapi memang Abhayagiri Restaurant dikenal sebagai sebuah restoran yang memiliki pemandangan yang sangat memanjakan mata. Di sini kita bisa menyantap makanan dengan pemandangan berupa perbukitan Boko, termasuk juga Candi Prambanan dan Gunung Merapi di kejauhan.

Suasana makan di Abhayagiri Restaurant

Suasana makan di Abhayagiri Restaurant

Posisi Abhayagiri Restaurant ini terletak di perbukitan Boko pada ketinggian 196 mdpl. Lokasinya tidak terlalu jauh dari situs Candi Prambanan dan Candi Boko. Jaraknya kurang lebih 30 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapai ke restoran ini, kita harus melalui jalan perkampungan yang kemudian diteruskan jalan menanjak menaiki bukit. Jika anda ragu dan takut nyasar, anda bisa menggunakan aplikasi berbasis GPS di smartphone anda untuk menuju ke tempat ini.

Pemandangan Abhayagiri Restaurant yang terletak di atas bukit,

Pemandangan Abhayagiri Restaurant yang terletak di atas bukit,

Dari luar, restoran ini hanya terlihat seperti tembok berukuran tinggi saja, tidak tampak seperti sebuah resto elite. Begitu masuk ke dalam melalui pintu gerbang, barulah kita bisa melihat ‘penampakan’ sebenarnya dari restoran ini. Begitu masuk, kita akan disambut dengan senyuman oleh resepsionis yang ramah-ramah. Oh iya, usahakan anda booking tempat dulu sebelum menuju tempat ini karena dikhawatirkan nantinya tidak mendapatkan tempat, terutama pada saat weekend. Kan sayang sudah jauh-jauh mendaki gunung lewati lembah trus ketika nyampai ternyata tempatnya malah penuh.  Restoran ini sendiri (menurut website-nya) dapat menampung hingga 100 pengunjung.

Pelataran di sekitar Abhayagiri Restaurant

Pelataran di sekitar Abhayagiri Restaurant

Tidak hanya memanjakan dengan latar pemandangan yang indah, restoran ini sendiri juga memiliki arsitektur yang unik dengan bangunan yang menyerupai rumah joglo Jawa. Suasana nyaman dan elegan sangat terasa di sini karena restoran ini memang berstandar Internasional. Jika anda ingin menikmati pemandangan secara maksimal, pilihlah tempat makan outdoor. Halaman di sekitar restaurant ini sendiri juga memiliki nuansa seni yang tinggi. Jika kita menjelajah sekitar restoran, kita dapat menemukan miniatur seperti stupa, kolam, dan juga areal mini persawahan. Abhayagiri restaurant ini sendiri sebenarnya menyatu Sumberwatu Heritage.

Disini tempat andalan para pengunjng untuk ber-selfie

Disini tempat andalan para pengunjng untuk ber-selfie

Dari segi makanan, Abhayagiri Restaurant menyediakan beberapa menu dengan citarasa Jawa, Western, dan Asia. Salah satu menu andalanya adalah “Abhayagiri Duck Special”. Ketika kita makan di restoran ini, masakannya tidak hanya terasa di lidah, namun juga terasa sampai ke kantong. Harga makanan di sini memang tergolong lumayan mahal. Tak heran banyak pengunjung yang hanya sekedar memesan minuman dan appetizer saja.

Saah satu menu andalan di Abhayagiri resto

Saah satu menu andalan di Abhayagiri resto

Tapi wajar sih, Abhayagiri Restaurant memang tidak sekedar menjual makanan saja, tetapi juga ‘menghidangkan’ suasana nyaman dan pemandangan indah yang tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri. Tempat ini sangat direkomendasikan jika anda mendambakan suasana yang romantis bersama pasangan.

9 replies to this post
  1. Waktu berkunjung ke candi Boko beberapa waktu lalu , saya juga mampir di resto ini. Sayangnya siang hari tidak pas saat Sunset. Jadi foto-fotonya juga kurang bagus karena backlight. Semoga suatu hari nanti bisa mampir lagi ke tempat ini dan melihat Sunset dari sini

Leave a Reply