Home Kuliner Icip-icip kuliner di Pulau Belitung

 

Lain Ladang Lain Belalang, Lain Lubuk Lain Ikannya, Lain Warung Lain Makanannya..

Setiap daerah pasti punya makanan khas sendiri-sendiri. Walaupun tidak sering didengar seperti Sate Madura, Nasi Gudeg Jogja, Soto Betawi, dan Nasi Padang, Daerah Belitung juga memiliki beberapa makanan khas yang patut dicoba. Seperti layaknya daerah kepulauan lainnya, Kuliner di Belitung tidak jauh-jauh dari Masakan seafood. Beberapa referensi di bawah ini adalah beberapa makanan yang bisa kamu cicipi di Belitung :

1. Mie Belitung

Mie Belitung Atep, rasanya juara!
Kuliner Belitung yang satu ini adalah menu yang wajib kamu cicipi di Belitung. Mie Belitung yang paling terkenal adalah Mie Belitung Atep Jl. Sriwijaya No. 27, Tanjung Pandan. Keistimewaan Mie Belitung terletak di kuah karinya yang merupakan perpaduan rasa manis dan gurih. Sayang banget kalau cuma mesen satu porsi. Jangan lupa pesan juga es jeruk kunci yang super segar untuk menemanimu memakan mie belitung.

2. Gangan

gangan
Gangan merupakan sup ikan dengan kuah berwarna kuning. Citarasa ikan segar yang bercampur dengan kuah yang dimasak dengan bumbu kunyit dan nanas sangat memanjakan lidah kita. Menyantap Gangan akan terasa lebih spesial jika dinikmati di warung/restoran di pinggir pantai.

3. Ketam Isi

ketam isi
Bukan KETAN ya, tapi K-E-T-A-M. Ketam isi juga sering disebut perkedel rajungan. Makanan ini disajikan secara unik. Rajungan yang telah direbus, isinya diambil dari cangkangnya, kemudian dioalah dan dikembalikan lagi ke dalam cangkang. Makanan khas belitung ini rasanya lezat dengan catatan cangkangnya gak ikut dimakan.

4. Suto Belitung

suto belitung
Sekilas tampilan Suto Belitung mirip dengan ketupat sayur. Suto terdiri dari irisan lontong, bihun, kentang, irisan daging dan kuah santan. Remahan emping dan taburan bawang goreng menjadi pelengkap penyajian makanan ini.

5. Kopi Manggar

kopi king djie
Yang terakhir ini memang bukan makanan, tapi sayang rasanya jika melewatkan yang satu ini. Kopi Manggar sangat terkenal di Belitung. Apalagi jika kamu menyempatkan diri mengunjungi Kota Manggar, kamu akan dengan mudah menemukan warung kopi yang berjajar di kanan kiri jalan. Hal ini berkaitan erat dengan budaya ngopi yang sangat kental bagi penduduk Belitung. Jangan khawatir, jika anda tidak sempat ke Manggar, anda bisa mengunjungi Kopi Kong Djie yang masih berada di sekitar Tanjung Pandan.

4 replies to this post

Leave a Reply