INDEX

Halo bro n sist, di bawah ini merupakan daftar tulisan dari mas-mas dan mbak-mbak kontributor yang memiliki cerita yang keren dan unik seputar dunia traveling. Monggo dilihat dan dibaca-baca ya,

Happy Reading gaes.. 😀

NOPOSTKETERANGAN

Secuil Cerita Tentang Tangkuban Perahu

Penulis : Ridwan Sidik K

Berbicara tentang wisata alam di sekitar Bandung pasti tak lepas dari Tangkuban Perahu. Ya, Tangkuban Perahu merupakan objek wisata alam paling mainstream yang berada di sekitar Bandung...

Saat Air Terjun Bertemu Pantai

Penulis : Ridwan Sidik K

Berawal dari foto yang ditunjukin seorang temen di sebuah sosial media, saya kemudian mengetahui ada sebuah pantai di hometown saya (Gunungkidul tercinta, kota seribu pantai) dimana di pantai itu terdapat sebuah sungai yang airnya terjun bebas ke pantai...

Pulau Berhenti Berharap

Penulis : Ridwan Sidik K

Sebenarnya sih nama sebenernya Pulau Harapan, tapi berhubung waktu pertama kali saya ke sana barengan sama temen2 yang lagi pada galau berjamaah, termasuk saya yang baru aja putus, maka kami lebih mengingatnya sebagai Pulau Berhenti Berharap...

Menikmati Gudeg Jogja di Pagi Buta

Penulis : Ridwan Sidik K

Penjual gudeg, terutama di bulan puasa seperti ini sangat mudah dicari walaupun pagi masih buta. Biasanya mereka menjual dagangannya di trotoar di pinggir jalan atau di tempat-tempat yang strategis yang mudah ditemukan...

Jejak Sejarah di Gua Rancang Kencono

Penulis : Ridwan Sidik K

Kota Gotham boleh punya Gua Kelelawar (batcave) sebagai tempat persembunyian superhero mereka, Batman. Tapi Indonesia juga boleh bangga karena mempunyai Gua Rancang Kencono sebagai tempat berkumpulnya para superhero kita di masa lalu...

Terjun bebas di Air Terjun Sri Gethuk

Penulis : Ridwan Sidik K

Belakangan ini Air Terjun Sri Gethuk memang mulai populer sebagai salah satu Objek Wisata Alam yang menyuguhkan pemandangan yang indah. Dari parkiran kendaraan, Anda harus sedikit berolahraga terlebih dahulu dengan sedikit berjalan kaki, termasuk juga harus menuruni tangga kira-kira sejauh 200 meter...

Siapa Bilang di Sumatera Barat Gak ada Kereta Api, ‘ndak ada tu do!’

Penulis : Andhika Jefri

Salah satu langkah pemerintah lokal yang patut diapresiasi dalam meningkatkan pariwisata di Ranah Minang belakangan ini adalah mengaktifkan kembali kereta api dengan relasi Padang-Pariaman PP, yup! KERETA API broohh….
read more...

Marina Bay, Let’s Get Crazy!

Penulis : Ridwan Sidik K

Dari semuanya, hal yang terpenting adalah, kamu tidak bisa menggila tanpa teman yang kelakuannya juga sama-sama gila...
Pentingnya Sepatu Sebagai Penunjang Aktifitas Pendakian Gunung

Penulis : Damar Santosa

Hae bro sest yg hobi trepeling, naik gunung juga salah satu kegiatan trepeling kan ya. Kali ini saya bakal bahas membahas soal senjata kita yaitu alas kaki, iya alas kaki. Biar kegiatan aman dan menyenangkan perlu ditunjang alas kaki yang sip...
Apasih Ultralight Hiking Itu

Penulis : Damar Santosa

Ultralight Hiking, secara garis besar dapat dijabarkan dengan kegiatan hiking yang menggunakan peralatan dan perlengkapan yang ringan dan praktis...
read more...

Mirota Batik, tak sekedar batik!

Penulis : Arga Purna Putra

Dari semenjak dahulu kala, Malioboro selalu menjadi ikon yang tak terpisahkan dari Kota Jogja. Kalau sudah sampai Malioboro, kurang afdol rasanya kalau tidak mampir ke Mirota Batik….

Camping Ceria di Pondok Saladah Papandayan

Penulis : Damar Santosa

Kali ini naik gunungnya ngajak pacar. Berhubung mbak pacar lebih suka nyelem-nyelem dalem aeer dan baru pertama kali naik gunung maka dipilihlah papandayan karena memang gunung ini cocok buat pendaki pemula. Selain treknya juga jelas, medan disana juga tergolong mudah...
read more...

Phuket, Sepotong Surga di Andaman (1)

Penulis : Andhika Jefri

Pernah nonton film nya Leonardo di Caprio yang judulnya ‘The Beach’? bukan, bukan yang tentang kapal gede tenggelam itu, tapi tentang pantai tersembunyi di sebuah pulau di laut andaman. Nah, yang udah pernah nonton tentu familiar dengan pulau di Thailand yang bernama Phuket….
read more...

Phuket, Sepotong Surga di Andaman (2)

Penulis : Andhika Jefri

Perjalanan dari Patong ke Kathu Waterfall ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam perjalanan, rutenya pun cukup menantang dengan banyak tanjakan dan turunan. Setibanya di pintu masuk objek wisata ini gue jadi agak ragu apakah gue sampai di tempat yang benar. Hal ini dikarenakan kawasan disekitar objek wisata ini terlihat sangat sepi dan ‘biasa-biasa’ saja...

Air Asia, Sepasang Sayap Untuk Para Traveler

Penulis : Ridwan Sidik K

Konsep Low Cost Carrier yang diusung Air Asia sangat membantu para traveler untuk mendapatkan tiket dengan harga yang terjangkau. Eits, tapi jangan salah, walaupun harga tiketnya murah tapi kualitas yang diberikan oleh Air Asia tidak murahan….

Genting Highland, Sebuah Bukit yang Eksklusif dan Terisolir

Penulis : Ridwan Sidik K

Bayangkan Puncak Bogor, dicampur sama Dufan-Ancol, tambahin Mall dan resort, dikasih sedikit bumbu museum, dan terakhir lengkapi dengan aroma Las Vegas, itulah Genting Highland….

Jember Fashion Carnival Indoor Concert : Kreatifitas tanpa batas

Penulis : Devi Putri Maritha

Siapa yang tidak tau JFC ( Jember Fashion Carnival)? Pasti semua orang sudah mengetahui tentang JFC. Salah satu karnaval terbesar di dunia karya anak negeri. Karnaval ini bahkan sudah disejajarkan dengan karnaval di Rio De Janeiro, Brazil...

Pantai Klayar Pacitan, Primadona Baru Wisata Pantai Selatan Jawa

Penulis : Yui Hidayanto

Sedikit info yang saya pernah terima, Pantai Klayar sendiri berasal dari kata “klayar-kluyur” yang artinya jalan-jalan. Mungkin dikarenakan pantai ini menjadi tujuan dari orang yang ingin berlibur atau jalan-jalan….

Goa Gong, Pesona Alam Pacitan

Penulis : Yui Hidayanto

Sob, Goa Gong merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Pacitan. Gua Gong merupakan satu dari goa-goa yang tersembunyi di perut gunung-gunung yang ada di Pacitan. Gua ini merupakan goa horizontal dengan panjang kira-kira 256 meter….

Gunung Gamalama, Pendakian Yang Mendebarkan

Penulis : Yui Hidayanto

Halo sobat, ada sebuah pengalaman yang tidak terlupakan saat saya lagi seneng-senengnya naik-naik kepuncak gunung. Sebuah pengalaman berharga bagi diri saya dan pelajaran hidup dari suatu tempat jauh di timur Indonesia, di Pulau Ternate, sebuah pulau yang merupakan lereng sebuah gunung bernama Gamalama...

Menyapa Anak Krakatau

Penulis : Ridwan Sidik K

Siapa yang belum pernah mendengar tentang sejarah letusan Gunung Krakatau? Ya, pada tahun 1883 silam terjadi letusan maha dahsyat dari Gunung yang terletak di Selat Sunda ini.….

Wisata Alam dan Outbond Kalibiru

Penulis : Ridwan Sidik K

Waktu terbaik untuk berfoto di tempat ini adalah saat pagi hari dimana masih terdapat kabut yang membuat lukisan alam di Kalibiru menjadi lebih amazing...

Traking ceria Gunung Prahu, Dieng Plateau, Wonosobo

Penulis : Ardhi D Irawan

Sebenernya acara tracking ini adalah sebuah ketidak sengajaan. berawal dari chit chat lewat telepong genggam dengan teman yang dipersatukan oleh takdir yang tergabung dalam legrex adventure….
read more...

From Japan with Kenangan (part 1)

Penulis : Arga Purna Putra

Jepang, negeri yang pertama kali saya kenal lewat film kartun dan buku sejarah kelas 4 SD. Karena berbagai alasan, Jepang menjadi ‘place I must visit before I die’ bagi saya pribadi….
read more...

From Japan with Kenangan (part 2)

Penulis : Arga Purna Putra

Kami berencana untuk mengunjungi daerah utara Tokyo, Asakusa dan kawasan Iidabashi kemudian menutupnya dengan Tokyo Tower. Sekitar pukul 7 pagi kami meninggalkan Haneda menuju pusat kota Tokyo menggunakan kereta yang notabene paling murah….
read more...

From Japan with Kenangan (part 3)

Penulis : Arga Purna Putra

Saya terbangun ketika bus telah memasuki wilayah Kyoto. Bus pun sampai di Stasiun Kyoto pukul 06.30, 8 Oktober 2011. Benar-benar on time sesuai jadwal. Saya curiga supir busnya robot...
read more...

From Japan with Kenangan (part 4)

Penulis : Arga Purna Putra

Akhirnya sampai juga di Kinkakuji. Setelah membayar 400 yen, kamipun masuk ke komplek kuil. Dan saya cuma bisa ternganga melihat bangunan yang hampir seluruhnya terbalut oleh emas….
read more...

From Japan with Kenangan (part 5)

Penulis : Arga Purna Putra

Di Stasiun Tokyo kami membeli Tokunai Pass, yaitu tiket kereta untuk seharian. Harganya 730 yen. Setelah berhitung tentang perkiraan berapa habisnya tiket kereta kami hari itu, kami putuskan untuk beli tiket tersebut….
read more...

From Japan with Kenangan (part 6 – Finale Part)

Penulis : Arga Purna Putra

Hari terakhir ini akan kami habiskan di Akihabara. Yap, kota yang sering dibilang sebagai surganya para otaku atau orang yang tergila-gila pada hobinya...

Berburu Sunrise di Gunung Prau 2565mdpl

Penulis : Damar Santosa

Tepat tiga hari setelah gw turun dari Kerinci langsung ada yang ngajakin ke Prau Wonosobo. Gunung ini sedang naik daun gaess. Selain treknya relatif mudah, juga pemandangannya aduhai….

Review Kompor Lapangan Camping BULIN BL 100 B5

Penulis : Damar Santosa

Seiring dengan maraknya aktifitas di bidang kegiatan alam terbuka, tak disangkal peralatan yang lengkap dan maksimal sangat membantu kelancaran dan kenyamanan kegiatan satu ini tak terkecuali peralatan memasak di lapangan.….

Ni Hao Cina ( 1 ) : Hao Se Sie Cien Ping

Penulis : Devi Putri Maritha

Ya, itulah kata pertama yang diajarkan salah satu teman peserta trip waktu ke Cina. Tentu saja spelling nya ngawur, tapi kurang lebih begitu bunyinya..

Ni Hao Cina (2) : Wanita Wanita Perkasa Dari Cina

Penulis : Devi Putri Maritha

Siapa yang meragukan kegigihan orang orang dari Cina ? Lihat saja achievement mereka di setiap kompetisi olahraga. Trip saya kali ini membuktikan memang gak cuma atlet nya saja pekerja keras, semua warga nya memang pekerja keras...

Ni Hao Cina ( 3 ) : The Beauty of Guilin

Penulis : Devi Putri Maritha

Seperti halnya photography trip kebanyakan, kami selalu berkejaran dengan waktu. Mengejar Matahari adalah point utama kami! Bangun jam 3 pagi berjalan berjam jam , hiking, hanya untuk sekedar meng capture sunrise...

Ni Hao Cina (4) : West Street, Malioboro ala YangShuo

Penulis : Devi Putri Maritha

Kami tiba di YangShou sore hari, Hotel kami letaknya di tengah kota dekat dengan West Street. West Street semacam pasar malam dan pusat penginapan yang kebanyakan ditempati turis luar, semacam malioboro nya Guilin kayaknya sih….
read more...

Ni Hao Cina ( 5 – end ) : Melintasi Sungai Li Hingga Menikmati Sunset di Bright Moon Peak

Penulis : Devi Putri Maritha

Ketika kami mendaki bright Moon Peak Ini, penjaga loket bertanya kepada Jonny, turis dari manakah kami ? Ketika Jonny menjawab dari Indonesia mereka kaget. Karena orang Indonesia yang dateng ke tempat ini jarang yang mau mendaki.….

Afrika? Bukan, Ini Taman Nasional Baluran

Penulis : Ridwan Sidik K

Di tengah suasana hutan yang sepi dan hening, saya mulai membayangkan jika tiba-tiba dari balik pohon muncul Dinosaurus ala ala Jurassic Park….
read more...

menyusuri jejak soe hok gie

Penulis : Ardhi D Irawan

Sebuah puisi dari soe hok gie,tentang mandala wangi, sebuah lembah di kawasan taman nasional gede pangrango, lembah yang indah, yang banyak ditumbuhi dengan bunga abadi idaman para pendaki, bunga edelweiss (anaphalis javanica)….

Semeru Sang Pasak Javadwipa

Penulis : Ardhi D Irawan

Akhirnya kedua dewa itu meletakkan gunung Meru di bagian barat Pulau Jawa. Tetapi karena berat gunung itu mengakibatkan ujung pulau bagian timur terangkat ke atas. Wisnu dan Brahma lalu memotong sebagian dari Gunung Meru dan meletakkannya satu di ujung timur dan satu di barat....

Dari Ternate Indonesia bermula

Penulis : Ardhi D Irawan

Dahulu kala saat nusantara masih berupa kerajaan-kerajaan kecil, pelaut Eropa (Portugis, Spanyol ,Belanda) berlayar menuju perairan Maluku untuk membeli rempah-rempah….

Travel Blogger Indonesia : Come Home Indonesia

Penulis : Ridwan Sidik K

Travel Blogger Indonesia, merupakan sebuah media dan sekaligus sebuah rumah bagi para travelblogger. Di Sini tempat mereka berbagi cerita seputar traveling dan membagi berbagai info dan tips.….

Berburu Blue Fire di Kawah Ijen

Penulis : Ridwan Sidik K

Dari kejauhan sekelabatan api berwarna biru menjilat-jilat, Ya.. ini bukanlah api biru yang biasa saya lihat di kompor gas di dapur, tapi ini adalah sebuah fenomena alam yang cantik...

Bakso President, Sensasi Makan Bakso Di Pinggir Rel

Penulis : Ridwan Sidik K

Penasaran kenapa namanya Bakso President? Bukan karena pemiliknya pengen jadi presiden tapi gak kesampaian lho. Jadi ceritanya….
entung cover

Extreme Kuliner : Lezatnya Ulat dan Ungkrung Jati

Penulis : Ridwan Sidik K

Pernah mengamati ulat secara langsung? sebagian dari kalian mungkin akan merasa geli melihat hewan berbulu ini, apalagi sebagian ulat memiliki bulu yang bisa menyebabkan rasa gatal bila kita menyentuhnya….
cover biawak

Pulau Biawak, antara Eksotis dan Mistis

Penulis : Ridwan Sidik K

Bila kamu berpikir bahwa berlibur ke Pulau Komodo itu sudah terlalu mainstream, maka kamu sekali-sekali harus mencoba mengunjungi adek-adek komodo tersebut di Pulau Biawak….

Infamous Nusa Penida

Penulis : Ardhi D Irawan

Bali bukan cuma tentang Kuta atau Popies Line seperti Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Air di Lombok, Bali juga memiliki pulau Eksotis yang kini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan baik manca maupun lokal.….

Badai Asmara di Kawah Bromo

Penulis : Ardhi D Irawan

Siapakah yang meragukan keindahan kawah Bromo, keindahan kawah di dalam kawah, kawahception bahasa kerennya. Apalagi keindahan ini di abadikan dalam kisah cinta bak epic mahabarata….

perahu pantai baron

Kombinasi Tawar-Asin di Pantai Baron

Penulis : Ridwan Sidik K

Pantai Baron, sebagai salah satu pentolan Pantai BKK memang legendaris. Sampai saat ini, Pantai ini termasuk yang paling ramai dikunjungi wisatawan...
gdb4

Tempat Lucu Buat Foto Ala-Ala di Singapore

Penulis : Andhitya Soetandyo

If other writers here talk about adventure and fun, here I come as the savior of existence and narcissism. Berapa orang yang sudah pernah ke Singapore sebelumnya? *countless yes. Berapa kali, lebih juga dari sekali ya. Lucky! Dan apa aja yang kalian lakukan disana? Shopping?...
read more...
maskan lobster di kampung lobster

Kampung Lobster di Pantai Sepanjang

Penulis : Ridwan Sidik K

Gak semua tempat menjual lobster dengan harga selangit. Kalau pengen makan lobster dengan harga yang relatif terjangkau bisa juga kok, cari aja tempat yang yang kira-kira menjual lobster dengan harga yang miring, misalnya dateng ke tempat budidaya-nya langsung. Salah satu tempat yang saya rekomendasikan adalah Kampung Lobster di Pantai Sepanjang...
review kamera

Mau Pilih Kamera Yang Mana ?

Penulis : Devi Putri Maritha

Terinspirasi dari pertanyaan beberapa teman tentang kamera, kali ini saya mau post tentang memilih kamera disesuaikan dengan kebutuhan, CHECK THESE OUT!....

peralatan mandi traveling

14 Barang Yang Sebaiknya Kamu Bawa Ketika Traveling

Penulis : Ridwan Sidik K

Packing saat traveling itu perlu direncanakan dengan baik, sehingga tidak ada barang yang lupa kita bawa atau tercecer pada waktu packing. Namun terkadang karena bingung atau terburu-buru saat packing, kita malah melupakan satu dua barang yang penting....
ereveld menteng pulo

Mengintip Isi Ereveld Menteng Pulo

Penulis : Ridwan Sidik K

Berawal dari ajakan kak olive (@oli3ve) yang telah mengusahakan ijin sebelumnya kepada pihak pengurus, Saya bersama anggota Travel Bloggers Indonesia lainnya berkunjung ke Ereveld Menteng Pulo, sebuah pemakaman untuk korban perang yang dikelola oleh Kerajaan Belanda....
bukit sriten

Batara Sriten, Sebuah Embung di Atas Awan

Penulis : Ridwan Sidik K

Embung Batara Sriten merupakan salah satu wisata baru yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Waktu saya ke sana tempat ini belum dibuka secara resmi. Mungkin sebenarnya sudah banyak yang mengetahui tempat ini, tapi kemudian mengurungkan niat karena mendengar kondisi jalan menuju Embung yang masih belum bagus...
Gili Air
Indonesia braayy

Light Blue Gili Air

Penulis : Andhitya Soetandyo

Saya selalu amazed sekali dengan pantai-pantai di Greece aka Yunani yang lautnya biru muda, matahari teduh, dan pasir putih. Dimana kemudian saya mencoba googling pantai-pantai serupa yang ada di Indonesia...
Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang, Kilauan diantara Hijaunya Sawah Bendo

Penulis : Arga Purna Putra

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk sampai ke Kedung Kandang karena masyarakat sekitar berinisiatif memasang petunjuk arah di setiap persimpangan jalan. Kalo masih bingung ya pake GPS (Gunakan Penduduk Setempat alias tanya orang situ)….
read more...

pantai jungwok serasa pantai pribadi

Keindahan di Balik Kesunyian Pantai Jungwok

Penulis : Ridwan Sidik K

Saat pertama kali mendengar kata Jungwok, tempat mana yang langsung ada di pikiran anda? Jika anda menjawab ‘KOREA’, berarti pikiran anda sama dengan saya. Tapi bukan, saat ini saya tidak sedang membahas negara asal dari Kim Woo Bin tersebut...
58Jungutbatu beach Nusa Lembongan
Bosan Ke Bali? Cobalah Singgah Ke Nusa Lembongan

Penulis : Ridwan Sidik K

Jika disuruh mendeskripsikan Nusa Lembongan dalam satu kalimat, maka saya akan berkata.. “NUSA LEMBONGAN IS A REAL ESCAPE”...
59DSC_1520
Pulau Tidung, Alternatif Liburan Bagi Weekend Warrior

Penulis : Ardhi D Irawan

Pulau tidung menawarkan beberapa atraksi wisata, diantaranya banana boat, snorkling dan diving. Salah satu spot paling legendaris di Pulau Tidung adalah jembatan cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil

Jembatan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

Mengintip Nusa Ceningan Di Kala Pagi

Penulis : Ridwan Sidik K

Setelah beberapa saat kemudian, dengan sedikit diwarnai insiden nyasar ke jalan buntu yang gelap (mungkin jam segitu mbah gugel masih agak ngantuk sehingga salah nunjukin jalan), saya menemukan ‘pintu gerbang’ Nusa Ceningan. Sebuah jembatan yang memanjang di atas pantai. Yellow bridge, begitulah sebutan bagi jembatan yang menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan ini...