Home Kuliner Kampung Lobster di Pantai Sepanjang

Siapa yang hobi makan Lobster? kalau ditanya seperti itu saya akan menjawab dengan diplomatis dengan kata ‘tergantung’. Kenapa? ya karena harga Lobster yang relatif mahal itu yang bikin tidak hobi, Apalagi kalau belinya di Restoran mahal, beugh.. bikin nangis di tanggal tua!

Namun gak semua tempat menjual lobster dengan harga selangit. Kalau pengen makan lobster dengan harga yang relatif terjangkau bisa juga kok, cari aja tempat yang yang kira-kira menjual lobster dengan harga yang miring, misalnya dateng ke tempat budidaya-nya langsung. Salah satu tempat yang saya rekomendasikan adalah Kampung Lobster di Pantai Sepanjang, Gunungkidul, Yogyakarta.

pantai sepanjang gunungkidul

Jika anda kebetulan sedang berlibur ke kota Yogyakarta, atau malah sedang mengunjungi pantai-pantai di kawasan Gunungkidul, gak ada salahnya mampir ke tempat ini. Pantai Sepanjang mudah dijangkau kok, karena masih terletak di sepanjang jalan utama pantai di Gunungkidul. Lokasi tepatnya yaitu terletak setelah Pantai Kukup. Tenang saja, gak susah nyari lokasinya karena ada papan petunjuknya yang memberi tahu kita jalan masuk ke Pantai ini.

Lokasi Pantai Sepanjang

Gazebo dan rumah makan berderetan di sepanjang Pantai Sepanjang

Di sepanjang Pantai, banyak terdapat penjual makanan dan juga gazebo yang bisa disewa untuk beristirahat. Mungkin anda akan sedikit bingung menemukan dimana lokasi Kampung Lobster yang dimaksud. Namun sebenernya, mudah kok. Begitu anda masuk ke lokasi Pantai Sepanjang ini, maka akan terdapat papan dan spanduk yang menunjukkan tempat makan yang dimaksud.

spandung kampung lobster pantai sepanjang

Ada spanduknya kok, gak usah bingung nyari Kampung Lobster dimana

Di Kampung Lobster ini, kita bisa melihat budidaya lobster secara langsung. Ada dua cara membudidayakan lobster di tempat ini, yang pertama adalah lobster dibudidayakan di dalam kolam buatan, yang kedua lobster dibudidayakan di pantai langsung.

budidaya lobster di kampung lobster

Mas-nya ini sedang menunjukkan lobster hidup hasil budidaya di kolam buatan

budidaya lobster laut

Lobsternya dibudidayakan dalam tempat yang mirip ember ini

Seperti yang saya bilang di awal, kita bisa menikmati hidangan lobster di kampung Lobster ini dengan harga yang relatif terjangkau. Harganya berkisar antara Rp 200.000,- s/d Rp 250.000,- per kilogram dengan isi per kilogramnya sekitar 8-10 ekor (tergantung ukuran). Itu artinya, kita bisa menyantap lobster dengan harga Rp. 20.000,- s/d Rp 25.000,- per ekor. Murah kan? Bandingkan dengan harga di Restoran! Selain itu, karena diambil langsung dari tempat budidaya, maka sudah barang tentu lobster yang kita santap masih dalam keadaan fresh. Bahkan, sebelum memesan, kita bisa melihat langsung lobster-lobster yang masih hidup itu, kalo mau.

lobster hidup di pantai sepanjang

Nyobain memegang Lobster hidup, sebelum dimakan.. kejam ya saya T.T

Oh iya, harga lobster di sini fluktuatif tergantung musim (lobster) dan musim liburan. Gimana, masih terasa berat di dompet? atau gak doyan lobster? Tenang.. selain lobster, di sini kita juga bisa memesan masakan laut lainnya, gak melulu harus memesan lobster.

maskan lobster di pantai sepanjang

Lobsternya sudah matang kakak, menunggu untuk dinikmati

maskan lobster di kampung lobster

Gimana kak, menggoda gak lobsternya?

makan seafood di pantai sepanjang

masaknya lama, makannya cepet.. langsung ludes

Sehabis makan kita juga bisa main-main di Pantai Sepanjang. Pantainya bagus kok, tidak mengecewakan deh pokoknya. Saya sendiri punya kenangan khusus di sini, karena di tempat ini, untuk pertama kalinya saya.. ehem.. bilang suka sama cewek trus gak direspon.. Haha, maaf saya malah kepancing bernostalgia.. gak usah dibahaaas lebih lanjut ya, itu kenangan lamaa.. Jaman masih ingusan dulu, hahaa.. *ketawa sambil nangis

SEPANJANG jalan kenangan kita slalu bergandeng tangan..

SEPANJANG Jalan Kenangan, kau peluk diriku mesraa…

*tissue mana tissue? Ada invicible ninja sedang ngiris bawang di dekat mata sayaa… AAaaaakkk….

Pantai sepanjang gunungkidul yogyakarta

Pantainya sekarang sudah lumayan rame, dulu pertama kali saya ke sini masih sepi banget

bermain ombak di pantai sepanjang

Sepanjang jalan kenangan, kita selalu ber… ah sudahlah

18 replies to this post
    • Iya bro, ini versi ekonomisnya.. kalo buat ramean gampang mbaginya soalnya jumlahnya lebih banyak, haha

    • Kebetulan seafood adalah makanan kesukaan saya mas, jadi kalo pas pulang kampung langsung cus ke pantai.. cuman buat makan seafood, haha

  1. Mantap sekali lobsternya.
    Baru tau dari blog ini ada tempat makan lobster yang cukup murah, soale 250k per kg, hehe…
    Noted. Kalo ke Yogya diusahakan ke tempat ini. Pantainya keren.

    • Wah kalo ngomongin dulu, saya malah biasanya pas musim lobster bisa dapet harga di bawah 100k sekilonya.. tapi itu dulu, beberapa tahun yang lalu, hehe

  2. Silahkan hubungi saya ANTO JBL “Lobster & Crab” menerima secara rutin dalam jumlah berapapun semua jenis lobster laut, lobster tawar dan kepiting bakau semua ukuran. Harga memuaskan.
    Hub : 082310582889 / 087889550840

  3. Yang mau sewa mobil untuk liburan di Jogja hub kami: Trans Media Tour & Car Rental Jogja. Telp 087839266866; WA= 08562966866

  4. Yang mau sewa mobil untuk liburan di Jogja hub kami: Trans Media Tour & Car Rental Jogja. Telp 087839266866; WA= 08562966866

  5. ada yang mau jual lobster ? saya ada pembeli dari china permintaan rutin seminggu sekali….minimal 100kg….dalam.keadaan hidup

Leave a Reply