Home Traveler's Note Merasakan Suasana Padang Pasir Di Gumuk Pasir Parangkusumo

Barangkali jika kita mendengar ada padang pasir di Indonesia mungkin terdengar agak janggal dan tidak terlalu familier di telinga kita. Kita sudah sering mendengar tentang keindahan alam indonesia, baik pantainya, gunungnya, pulaunya.. tapi padang pasir? yakin ada padang pasir di Indonesia?

gumuk pasir

Ya, di Indonesia memang terdapat padang pasir, tepatnya sering disebut Gumuk Pasir oleh masyarakat sekitar. Gumuk Pasir ini terdapat di dekat pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta. Gumuk dalam bahasa Jawa berarti gundukan atau tumpukan, Jadi Gumuk Pasir artinya gundukan pasir. Gundukan pasir ini berasal dari material vulkanik Gunung Merapi yang terbawa arus oleh Kali Opak dan Kali Progo, Fenomena alam gumuk pasir ini tergolong langka, bahkan menjadi satu-satunya di Asia Tenggara.

Penampakan hamparan pasir yang luas di Gumuk Pasir Parangkusumo

Penampakan hamparan pasir yang luas di Gumuk Pasir Parangkusumo

IMG_20150916_173208

Mirip dengan Padang Pasir di Timur Tengah, Gumuk Pasir di Parangkusumo menghadirkan nuansa gurun berupa hamparan pasir yang luas. Pada siang hari, sinar matahari yang terik menyebabkan kenaikan suhu di sekitar gumuk pasir sehingga kita benar-benar merasa berada di tengah gurun air yang gersang.


“Jika ingin menikmati nuansa padang pasir di tempat ini dengan maksimal, kita bisa berdandan dengan pakaian khas Timur Tengah. Akan lebih terasa lagi jika kita membawa unta dari rumah.”


Gumuk Pasir ini sendiri sebenarnya sudah lumayan terpublikasi karena sudah beberapa kali menjadi lokasi syuting, salah satunya adalah filmnya mbak Dian Sastro yang ngehits beberapa waktu lalu yaitu Ada Apa Dengan Cinta 2. Ke-eksotisan tempat ini sering diburu untuk diabadikan ke dalam jepretan kamera. Selain itu, suasananya yang romantis menjadikan tempat ini juga sering dijadikan sebagai lokasi prewed. Jika kita datang ke sini saat senja, maka kita akan dapat menyaksikan pemandangan berupa sunset di Padang Pasir.

Sunset di gumuk pasir Parangkusumo

Sunset di gumuk pasir Parangkusumo

Gimana? Romantis kan suasananya di saat senja? maka sebaiknya pada waktu tersebut anda datang bersama pasangan biar gak galau. Usahakan jangan datang sendirian, apalagi malah datang bertiga bersama temen yang bawa pasangan. Lebih sakit lagi kalau kita diam-diam juga ada rasa dengan teman kita atau pasangannya tersebut. Just don’t do it!

Ilustrasi tentang hal yang akan terjadi jika kamu dateng ke sini bertiga bareng temenmu yang bawa pasangan

Ilustrasi tentang hal yang akan terjadi jika kamu dateng ke sini bertiga bareng temenmu yang bawa pasangan

Daya tarik lain dari gumuk pasir adalah disini kita juga dapat merasakan sensasi meluncur di atas pasir dengan menggunakan papan seluncur atau dikenal dengan sandboarding. Aktivitasnya hampir mirip snowboarding, tapi bedanya di sini kita tidak menaiki papan seluncur di atas salju melainkan di atas pasir. Untuk mencoba sensasi dari sandboarding ini, kita cukup menyewa alat yang memang disewakan untuk umum.

Aktivitas Sandboarding di gumuk pasir

Rute menuju ke tempat ini cukup mudah, dari kota Yogyakarta kita menuju ke selatan arah Jalan Parangtritis. Nanti sebelum loket memasuki Pantai Parangtritis belok kanan. Lokasi gumuk pasir ini berada di dekat Pantai Parangkusumo yang terletak di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Jangan khawatir, gumuk pasir ini berada di pinggir jalan aspal jadi tidak akan terlalu sulit untuk menemukan lokasinya.

 

2 replies to this post

Leave a Reply