Home Traveler's Note Santai Sejenak Di ‘Bukit Bintang’ Patuk Gunungkidul

Beberapa waktu yang lalu, saya bercerita tentang Abhayagiri, sebuah restoran yang sedang nge-hitz di Jogja yang terkenal karena tempatnya yang instagramable sehingga banyak foto-foto tempat tersebut yang tersebar di berbagai media sosial. Kali ini saya akan membahas tentang sebuah tempat serupa, yang merupakan versi ekonomis dari restoran Abhaya Giri. Lokasinya keduanya gak jauh-jauh amat, masih sama-sama di Jogja. Tempat yang Saya maksud adalah Bukit Patuk Gunungkidul, yang sering disebut juga dengan Bukit Bintang.

Bukit Bintang ini terletak di Jalan Jogja-Wonosari Km. 16, Patuk, Gunungkidul. Cukup mudah untuk mencapai tempat ini karena tidak banyak simpangan di jalan Jogja-Wonosari ini, tinggal lurus mengikuti jalan utama. Seperti namanya, Jalan Jogja-Wonosari merupakan jalan utama penghubung antara Kabupaten Gunungkidul dengan Kota Jogja. FYI, Wonosari adalah ibukota dari Kabupaten Gunungkidul.

Layaknya sebuah jalan pegunungan, Jalan Jogja-Wonosari dibuat berkelok-kelok agar tanjakannya tidak terlalu terasa. Harap berhati-hati saat berkendara melewati jalan ini terutama saat mau menyali kendaraan lain. Hal ini karena selain jalannya yang tidak terlalu luas (hanya dua jalur), banyak terdapat tikungan tajam di sepanjang jalan ini.

ramainya bukit bintang

Pinggiran jalan sepanjang Bukit Bintang Ramai oleh penjual dan masyarakat yang singgah

Bukit Bintang terletak di pinggir jalan, jadi mudah ditemukan. Lokasi Bukit Bintang yang terletak di atas bukit inilah yang mirip dengan pemandangan yang terdapat di restoran Abhaya Giri. Dari sini kita bisa melihat pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Jika restoran Abhaya Giri tempatnya terkesan eksklusif, maka di sini sebaliknya. Kamu bisa kencan bersama pasangan, atau berkongkow dengan temen sambil menikmati jagung bakar. Harga makanan di sini pun tidak terlalu mahal. Di sepanjang jalan terdapat banyak tempat makan. Hampir semua tempat makan itu menjual pemandangan khas bukit patuk.

makan jagung bakar di bukit bintang gunungkidul

makan jagung bakar di bukit bintang gunungkidul

Salah satu tempat makan yang saya rekomendasikan adalah Restoran Bukit Indah. Disini menu makanannya cukup banyak rasanya pun lumayan, menurut standar lidah saya tentunya. Tempatnya juga menyajikan suasana yang lumayan romantis. Pada siang hari, kita dapat melihat pemandangan kota Jogja dan Gunung Merapi, sore harinya kita disuguhi sunset yang memukau. Dan yang paling memukau adalah pemandangannya waktu malam, dimana kerlap-kerlip cahaya lampu terlihat seperti gugusan bintang. Inilah kenapa tempat ini sering disebut sebagai Bukit Bintang.

pemandangan bukit bintang siang hari

Pemandangan bukit bintang pada siang hari yang berlatarkan kota Jogja

pemandangan bukit bintang malam hari

Kerlap kerlip lampu kota jogja terlihat bagaikan bintang

Selain pemandangan siang hari dan malam hari yang memukau, jangan lewatkan pemandangan sunset di Bukit Bintang ini. Jika cuaca bagus dan tidak mendung, disini kita bisa melihat sang surya yang tenggelam di tengah-tengah kota, dengan memancarkan cahaya keemesan. Sungguh bikin hati ini lumer…

Suasana senja di Bukit Bintang

Suasana senja di Bukit Bintang

 

Leave a Reply