Home Info & Tips 14 Barang Yang Sebaiknya Kamu Bawa Ketika Traveling

Packing saat traveling itu perlu direncanakan dengan baik, sehingga tidak ada barang yang lupa kita bawa atau tercecer pada waktu packing. Namun terkadang karena bingung atau terburu-buru saat packing, kita malah melupakan satu dua barang yang penting. Jangan meremehkan, barang sepele pun bisa menjelma menjadi barang yang penting dan sangat kita perlukan selama di perjalanan.

Dan kita pun baru akan ingat setelah berangkat dan bergumam, โ€œAh.. aku lupa bawa itu..โ€ ๐Ÿ™

Untuk sedikit membantu anda dalam hal packing, berikut ini merupakan list barang-barang yang sebaiknya anda bawa ketika hendak bepergian :

1. TRAVEL LOCK (GEMBOK KOMBINASI)

travel lock gembok kombinasi

Saat sedang traveling, hampir pasti kita membawa bawaan yang dimasukkan ke dalam ransel atau koper. Terkadang di dalamnya juga terdapat barang. Untuk memastikan keamanan atau sekedar mengurangi resiko kehilangan barang, kita bisa mengunci ransel atau koper kita tersebut dengan travel lock yang hanya bisa dibuka jika kita mengetahui kombinasi dari angka-angka yang ada pada travel lock tersebut. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya kita mencatat kombinasi angka yang kita pakai untuk membuka travel lock dan menyimpannya dalam tempat tertentu, dompet misalnya. Hal ini mencegah kita lupa kombinasi angka yang kita pakai. Kan gawat tuh kalau kita sendiri malah tidak bisa membuka ransel/koper kita sendiri hanya gara-gara kita lupa dengan kombinasi angkanya?

2. KAMERA ATAU SMARTPHONE

 

kamera dan gadget untuk travelng

Jaman sekarang, Documentation is a must! Anda mungkin boleh berpendapat bahwa anda tidak suka foto-foto atau lebih suka menyimpan momen dan pengalaman di dalam pikiran anda sendiri. Gak ada salahnya sih berpendapat seperti itu. Namun mengingat biaya traveling kita (besar kecilnya tergantung, yang pastinya sih ngeluarin duit), akan lebih baik jika kita bisa mengabadikan momen perjalanan kita untuk bisa dikenang di kemudian hari (tsaaah)..

Coba bandingkan kedua pernyataan ini?

Pak Joko1: Nak, bapak dulu waktu muda pernah naik Rinjani lho..!

Pak Joko2: Nak, ini foto bapak jaman masih muda dulu di puncak Gunung Rinjani, keren kan?

Kira2 mana yang lebih menarik bagi si anak? ๐Ÿ˜€

3. CHARGER

charger

Nah, klo ini udah sepaket dengan barang elektronik yang kamu bawa. Pastikan kamu tidak lupa membawa charger agar alat elektronik yang kamu bawa bisa terus menyala. Tapi jangan kebangetan juga ya, misalnya setiap nemu colokan langsung seradak-seruduk nyolok. Misalnya pas di warung, atau mushola langsung main colok aja. Colok-mencolok juga ada tata kramanya broo.. Usahakan mencolok charger pada tempatnya, misalnya pas di penginapan. Atau kalau memang bener-bener penting dan kepepet, kita bisa meminta ijin dulu kepada pihak yang bersangkutan untuk bisa numpang nge-charge di tempat umum.

4. KABEL ROL ATAU โ€˜Tโ€™

kabel rol

Pada saat kamu traveling, berapa banyak barang elektronik dan gadget yang kamu bawa? Kamera, handphone, powerbank semuanya akan menuntut untuk di-charge pada saat battery-nya habis. Padahal biasanya waktu kita terbatas untuk melakukan pengisian daya untuk semua gadget dan peralatan elektronik yang kita bawa. Dengan membawa kabel rol sendiri, kita bisa mengefisienkan waktu karena kita bisa melakukan pengisian daya untuk semua gadget dan elektronik yang kita bawa secara bersamaan. Kabel rol menjadi semakin penting untuk dibawa pada saat kita pergi mengikuti trip gabungan, dimana semua peserta pastinya juga mempunyai kebutuhan yang sama dalam hal charge menge-charge, sedangkan sarana dan prasarana (maksudnya colokan) jumlahnya terbatas.

5. POWERBANK

powerbank

Benda yang satu ini mungkin sudah bukan benda asing lagi bagi pemilik gadget, terutama bagi kamu-kamu yang suka bepergian. Powerbank memang bisa menjadi penyelamat di saat battery gadget kita sedang kritis, sedangkan saat itu kita sedang berada jauh dari colokan. Saat ini powerbank mudah ditemukan karena banyak dijual di berbagai tempat dengan berbagai pilihan daya. Bahkan, saat ini juga sudah tersedia powerbank tenaga surya yang cocok banget buat para traveler yang sering pergi ke tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh listrik, Gunung dan Hutan misalnya.

6. EARPHONE

earphone

Pernah bosen dan mati gaya sewaktu di perjalanan? Misalnya saat kita duduk berjam-jam di bus, perahu, atau kereta. Apalagi kalau kita sendirian dan tidak ada teman buat ngobrol.. Beugh, udah pasti langsung krik.. krik.. banget deh. Makanya, selalu sedia earphone di tas kamu. In case, kamu lagi mati gaya.. ada mbak Maudy Ayunda yang bisa nemeni kamu lewat suara merdunya.. โ€œPerahu kertas ku kan melaajuuu..โ€

NB: kalau bawa earphone, jangan lupa bawa gadget atau mp3 player juga ya, kalo cuma bawa earphone doang mau dicolokin dimana? Hidung?

7. KACAMATA HITAM

sunglasses kacamata hitam

Benda yang satu ini mungkin sering dikenal sebagai aksesoris untuk bergaya. Gak salah juga sih, soalnya memang banyak orang yang level kepedeannya langsung naik drastis begitu memakai kacamata hitam. Namun dibalik itu, kacamata hitam memiliki banyak kegunaan. Kegunaan utamanya adalah melindungi mata kita dari banyak hal seperti silaunya cahaya matahari serta debu-debu dan pasir yang berterbangan biar gak masuk ke mata. Selain itu, ada kegunaan lain juga nih. Bisa dipake dan digunain buat ngelirik cewek cakep tanpa takut ketauan, hahaha.. modus!

8. P3K PRIBADI

P3K PRIBADI

Selama di perjalanan, kita gak akan pernah tau apa yang akan terjadi dan menimpa kita. Oleh karena itu, biasakanlah untuk membawa P3K sederhana jika sedang bepergian. Gak perlu banyak-banyak, gak usah bawa botol infus segala, cukup membawa obat-obatan seperlunya saja. Contohnya kamu bisa membawa plester buat luka, obat untuk pusing dan masuk angin, serta minyak kayu putih. Gak usah bawa foto mantan segala, itu gak bisa buat menyembuhkan luka di hati kamu..

9. SENTER

senter

Menurut wikipedia, Senter adalah sebuah alat listrik portabel yang merupakan sumber cahaya untuk menerangi dan dioperasikan dengan baterai. Sebenernya tanpa dijelaskan pun udah tau kan fungsi senter buat apa? Ya, Senter merupakan salah satu benda penting yang harus kamu bawa terutama ketika kamu bepergian ke alam bebas. Walaupun sebenernya kamu bisa nebeng temen karena kamu gak mau ribet bawa, tapi usahakan selalu membawa senter sendiri karena benda ini bisa menjadi yang sangat kita butuhkan, misalnya saat kita tersesat, terpisah dengan teman-teman lainnya sedangkan hari mulai gelap. Bayangkan jika kita tersesat sendirian di tengah hutan/gunung tanpa membawa alat penerangan apa pun, hiiii…

10. PERALATAN MANDI

peralatan mandi traveling

Tidak semua traveler merencanakan perjalanannya dengan menginap di hotel yang menyediakan satu set peralatan mandi lengkap. Hal ini khususnya untuk mereka yang bepergian ala backpacker, yang pastinya akan mencari hotel dengan harga seminimal mungkin sehingga fasilitas yang didapat pun juga minim, termasuk tidak menyediakan peralatan mandi bagi tamunya. Makanya, persiapkan peralatan mandimu sendiri gaes ketika sedang traveling. Karena kebutuhan akan mandi sangat penting untuk kita, atau lebih tepatnya.. mmm, penting untuk orang-orang di sekitar kita agar tidak pingsan karena bau badan kita.

11. PERMEN MINT

permen mint

Benda yang satu ini recommended banget untuk selalu dibawa. Mungkin pada saat bepergian, karena satu dan lain hal mungkin kita tidak sempat untuk menyikat gigi. Oleh karena itu, saat kita merasa kurang pede dengan bau mulut kita, kita bisa memakan perment mint untuk menyamarkan bau tersebut.

12. DRY BAG

dry bag

Buat kamu-kamu yang membawa banyak gadget dan barang elektronik, terutama saat destinasimu berhubungan dengan air, maka sebaiknya kamu menyiapkan dry bag untuk mengamankan barang bawaanmu agar tidak basah terkena air. Bisa saja kan tiba-tiba hujan turun saat kamu sedang berada di luar, dimana kamu susah untuk mencari tempat berteduh? Atau mungkin saat kamu sedang berada di atas perahu (misalnya pada saat diving dan snorkeling), dry bag ini akan menjadi barang yang sangat berguna.

Jadi ingat ya, ‘SEDIA DRY BAG SEBELUM HUJAN’

13. KOMPAS

kompas

Yang saya maksud di sini bukan surat kabar yes, tapi sebuah alat bernama kompas yang berfungsi untuk menunjukkan arah. Memang sih ada slogan maut โ€œmalu bertanya sesat di jalanโ€ yang hampir selalu bisa diandalkan saat kita sedang kehilangan arah atau bingung dalam mencari tujuan hidup yang dicari. Namun bagaimana bila kita sedang berada di tempat dimana tidak ada orang yang bisa kita tanyai? Misalnya kita sedang tersesat. Apa iya kita mau mengandalkan rasi bintang untuk memandu jalan? Makanya, bawa kompas buat berjaga-jaga.

Selain itu, kompas juga sangat berguna untuk para traveler yang beragama muslim sehingga mereka bisa tahu dimana arah kiblat untuk menjalankan ibadah dimanapun mereka sedang berada.

14. DUIT CASH

duit cash

Iya bener, benda yang terakhir kita harus bawa adalah duit cash yang cukup. Mungkin bagi kamu yang tinggal di kota besar telah terbiasa hidup dengan onggokan kartu di dompet. Mulai dari kartu debit, kartu kredit, kartu fl*sh, e-money, dan sederet kartu-kartu lainnya yang bisa digunakan untuk bertransaksi. Saat kamu melakukan traveling, belum tentu daerah tujuanmu bisa men-support transaksi yang dilakukan dengan dengan kartu-kartumu tersebut. Biasanya semakin terpencil suatu daerah, maka ‘kekuatan’ kartumu akan semakin melemah. Gak percaya? coba saja membeli es cendol di warung desa dengan kartu kreditmu yang limitnya puluhan juta sekalipun, gak akan laku! Hal yang sama berlaku juga saat kamu melakukan traveling ke luar negeri, pelajari dulu apakah kartu-kartumu itu support di lokasi yang akan kamu kunjungi. Hal ini akan berguna untuk menentukan berapa jumlah uang yang sebaiknya kita bawa.

Dan satu lagi, usahakan menyimpan uang cadangan yang diletakkan terpisah dengan dompetmu untuk motif berjaga-jaga di saat darurat misalnya pada saat dompet kita hilang, atau menjadi korban pencurian atau perampokan (ekstremnya sih gitu).

 

*Tulisan ini dibuat dalam rangka posting bareng bersama Travel Bloggers Indonesia #14on14. Kamu juga bisa membaca artikelย #14on14 lain di sini :

14 lagu Momen Untuk Traveling
14 Objek Wisata Menarik di Kalimantan Barat
14 Ragam Wisata Dari Tanah Kelahiran
14 Motif Tenun Dari Nusaa Tenggara
14 Alasan Mengunjungi Kerinci
14 Tempat Wisata Menarik di Dubai
14 Things To Do In Paris
14 Foto Romantis di Sekitar Kepulauan Komodo
14 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Semarang
14 Film Inspirasi Perjalanan
14 Tempat Cantik untuk Natarajasana
14 Senja Yang Bikin Kamu Galau
14 Tindak Tanduk Asyik di Wae Rebo
14 Places I would Want to Share with My Loved One
14 Tips SEO Basic Travel Blogging ala Virustraveling.com
14 Langkah Menikmati Perjalanan Tak Biasa
14 Hal yang Manis dan Murah di Inggris
14 Travel Selfies Around USA
14 Hal Seru Jalan-Jalan Bareng Traveler Dunia
14 Hal Yang Bisa Dilakukan di Kota Palangkaraya
14 Tips Simpel Agar Komposisi Foto Makin Kece
14 Alasan Kenapa Harus Travelling Saat Muda?ย 

51 replies to this post
    • dapet inspirasi dari temen seorang gadget mania, jadi kalo dia pergi pasti bawa rol kabel sendiri dan kabel rol itu pasti udah penuh dengan charger semua gadgetnya itu, haha

  1. Duh baca artikel ini berasa ditambah-tampar. Secara sering banget ketinggalan barang2 yg disebut di atas. kecuali 3 item:perlengkapan mandi, kamera, dan kacamata item. Maklum narsis ๐Ÿ˜€

    • huahaha.. jadi inget kemaren abis liat video orang yang memanfaatkan hair dyer hotel buat ngeringin kaos kaki basahnya.. yuck

  2. dari ke 14 itu, hanya 3 yang ngga pernah gue bawa, kompas, dry bag dan power bank. entah kenapa kompas itu menjadi nomor kesekian, karena udah ada peta, tapi lain hal nya kalau tracking ya ๐Ÿ˜€

  3. beberapa dr list di atas ada sih yg aku slalu bawa pas traveling.. charger dan kamera udh wajib bgt lah ya…trs universal adaptor juga.. ๐Ÿ˜€ uang tunai aku jg setuju… CC itu ga selalu bisa dipake , apalagi klo k LN.. kalopun bisa, rate conversionnya udh pasti mahal, dan bikin tgihan bngkak juga .. jd sebisa mungkin aku slalu bawa cash kalo traveling.. tp untuk jaga2, udh pstilah ga semua dimasukin dlm 1 dompet.. dipisah2 ๐Ÿ™‚

    • Hoo.. iya, perencanaan jumlah cash yang dibawa itu sangat penting. Aku lho pernah di Bandara Bangkok, mau pulang ke Tanah air uang tinggal 20 Baht (sekitar Rp. 8000,-). Laper.. banyak penjual makanan di Bandara.. tapi gak mampu beli. Untung pesawatnya gak ngaret, haha

  4. Eh, kalau udah terbiasa packing, rupanya kebiasaan lupa bisa hilang dengan sendirinya! Aku yang dulu sering lupa, sejak merantau ke Bandung dan bolak-balik Jogja minimal 3 atau 4 kali setahun, lama-lama jadi terbiasa ๐Ÿ˜€

    Earphone dan alat pemutar musik itu wajib buatku. Aku bisa tahan berhari-hari tanpa aktivitas smartphone, tapi tanpa musik? Hell no!

    • Aku sebaliknya, udah terbiasa peking tapi selalu aja ada barng yang ketinggalan, haha..
      wah kalo masalah musik, gak bawa music player dan earphone gak papa.. seperti kata August Rush lho, “Music is everywhere, all you have to do is listen” dengan kata lain, musik alam ๐Ÿ˜€

    • Hehe iya, saya juga dapet inspirasi bawa kabel rol setelah ngetrip bareng temenku yang gadgetnya banyak banget klo ngetrip. Dia bawa rol kabel sendiri dan dipake sendiri pula untuk gadget-gadgetnya itu

      Salam juga mbak,

  5. Wuiih.. sip markusip nih tipsnya. Ohya, satu lagi kalau ala saya. Tisu! ya, kalo bepergian ala backpacker dan kadang mampir di tempat makan sederhana kadang nggak ada tisu,, atau pas jajan di bis. Nah, kalau saya sukanya bawa tissue toilet 1 roll. ๐Ÿ˜€

  6. Wuiih.. kereen

    Oya, satu lagi. kalau saya biasa sedia Tissu. Kadang-kadang kita mampir di warung yang nggak nyediain tisu atau pas beli jajan di bis, nggak ada tisu. So, 1 roll tissu toilet biasanya wajib masuk ransel saya. ๐Ÿ˜€

    • Wah bisa masuk list ini mas, tisseu penting jg tuh terutama buat yang cinta ama kebersihan. tks masukannya ๐Ÿ˜€

    • iya sih, kalau tujuannya untuk menyatu dengan alam bawa alat2 dan persediaan yang ringkas aja, hehe

  7. Dari 14 daftar barang di atas, nomer 12 dan 13 yang tak selalu dibawa, bahkan kompas selama ini belum pernah bawa. Kalau sekedar nyari arah sih masih bisa mengandalkan aplikasi kompas di gawai.

    • drybag biasanya bawaan wajib buat orang yang mau snorkeling atau diving, jadi lebih aman dan tenang kalau barang elektroniknya dimasukin drybag pas di atas kapal, hehe

  8. rata2 barang yang kubawa sudah sebutin diatas..cuma jarang banget aku bawa TRAVEL LOCK sama charge..kalau traveling hp ditinggal jarang bawa soale.. ๐Ÿ˜€

  9. terima kasih infonya, tentunya sangat bermanfaat khusus untuk para traveller ๐Ÿ™‚
    terkadang kita sudah tahu barang yang mau dibawa, cuma lupa, jadi baiknya kita buat list dalam selebaran dan kalau sudah dimasukan kedalam tas kita check list ๐Ÿ™‚

  10. Kalau saya makan permen mint malah jadi sering haus u,u saya lebih suka minum air putih dari pada permen mint ๐Ÿ˜€ hehe.. Keren ini artikel ๐Ÿ˜€ hehe.

  11. Kadang-kadang kita mampir di warung yang nggak nyediain tisu atau pas beli jajan di bis, nggak ada tisu. So, 1 roll tissu toilet biasanya wajib masuk ransel saya. ๐Ÿ˜€

    • Di warung, permisi dulu tapinya… ๐Ÿ˜€

      Lha tergantung masnya mau jalan kemana, kalo ke gunung ya ndak perlu mas bawa2 charger.. bawa senter aja

  12. wah.powerbank, terkadang malah bikin riweh, karena berat, ada baiknya juga kita ga ngecharge handphone, supaya kita lebih fokus ke lingkungan di sekitar kita

    • yah tergantung tujuannya dari netripnya juga mbak, kalau tujuannya mau poto biar eksis di instagram kan butuh kamera atau hape selalu on, haha

Leave a Reply