Home Traveler's Note Infamous Nusa Penida

Bali bukan cuma tentang Kuta atau Popies Line seperti Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Air di Lombok, Bali juga memiliki pulau Eksotis yang kini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan baik manca maupun lokal. Pulau eksotis tersebut adalah Nusa (Bali: Pulau) Lembongan dan Nusa Penida. Berbeda dengan Nusa Lembongan yang telah lebih dahulu menjadi primadona wisata, Nusa Penida menawarkan sebuah pengalaman wisata yang berbeda. karena belum menjadi objek wisata utama, Nusa Penida membawa kesan lebih eksotis dibandingkan Nusa Lembongan yang telah memiliki fasilitas wisata yang lebih lengkap.

Perjalanan menuju Nusa Penida berawal oleh sebuah acara televisi yang meliput mengenai Pantai-pantai eksotis yang ada di Nusa Penida.

Mendarat di Bandara Ngurah Rai, kami langsung menuju Pantai Sanur yang berjarak kurang lebih 1 jam. Berhubung saat itu masih dalam rangkaian upacara Galungan, di beberapa tempat di perjalanan, kami menjumpai di beberapa pura warga sedang melaksanakan sembahyang.

DSC_1119

Warga Bali melaksanakan upacara dalam rangka Galungan

DSC_1112

Ogoh – ogoh

Akses menuju Nusa Penida dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat lewat Sanur. Tiketnya berkisar antara Rp. 75.000,- Rp. 90.000,- tergantung ukuran kapal dengan waktu tempuh antara 45 menit – 1 jam. Ada beberapa kali penyeberangan dari Pantai Sanur menuju Nusa Penida, namun penyeberangan berakhir pukul 10.00 WITA.

DSC_1097

Mengingat di Nusa Penida tidak ada kendaraan umum, maka sewa motor adalah satu-satunya jalan untuk menjelajah Nusa Penida. Sewa motor disini cukup murah, antara Rp. 50.00,- s/d Rp. 70.000,- tergantung type motor dan kepiawaian menawar…hehe

beres urusan motor, waktunya mencari penginapan. Penginapan yang ditawarkan cukup murah dengan rate harga Rp. 100.000,- Rp. 150.000 ,- lagi-lagi tergantung kepiawaian anda menawar. Pokoknya jangan malu menawar kalo di Nusa Penida..

Umumnya penginapan ini tidak disediakan untuk pelancong, namun disediakan bagi warga yang beribadah di Nusa Penida. Kebetulan di Nusa Penida terdapat Pura besar yang sering menjadi tujuan peribadahan bagi warga Pulau Bali.

DSC_1247

Penginapan murah meriah

DSC_1251

Dekorasi penginapan

Sejenak melepas lelah di penginapan, menikmati buah mangga yang banyak berceceran di halaman penginapan dan diberikan secara cuma-cuma oleh sang pemilik penginapan, pukul 14;00 WITA kami meneruskan perjalanan menuju objek utama   …… Pasi uwug ….

Perjalanan menuju pasi uwug menempuh watu sekitar 1 jam, jalan menuju objek ini cukup menantang, jalan kecil berkelok dengan beberapa tempat terdapat lubang menganga, sehingga kita harus hati-hati dalam berkendara. Jalan menuju tempat ini juga jauh dari penduduk, oleh karena itu kami sarankan untuk mengisi penuh bensin terlebih dahulu, dan membawa bekal untuk mennganjal perut.

Setelah 1 jam berkendara terguncang-gunjang oleh kondisi jalan, mulai terdengar suara pecah gelombang menabrak karang, pertanda pesisir sudah dekat…dan akhirnya sampailah kami di penghujung pulau, sebuah ceruk besar dengan gua sebagai inlet masuknya air laut yang disebut Pasih Uwug. Pasih Uwug dalam bahasa Bali berarti Pasir Rusak, yang menggambarkan keadaan pantai yang rusak dan bolong seperti dirusak oleh gelombang. Namun inilah yang menjadi daya tarik objek ini, selain pemandangan yang tak biasa, suara deburan ombak dan belaian angin laut membuat kita betah berlama-lama sekedar menikmati suasana.

DSC_1254

Pasih Uwug

DSC_1261

Hijau Toska

DSC_1266

Prewed …hehehhe

DSC_1284

Deburan Ombak

Pada bulan Juli – Agustus jika beruntung kita dapat melihat Pari Manta masuk ke dalam ceruk melewati inlet, sebuah pemandangan yang langka sekali. Kami juga beruntung dapat melihat kawanan lumba-lumba melintas di lautan lepas, namun sayang kami tidak sempat mengabadikannya, karena terbatasnya panjang lensa kamera.

DSC_1301

Kehebohan ketika melihat lumba-lumba

Karena hari semakin larut kami memutuskan untuk ke objek selanjutnya, takut terjadi apa-apa nanti jauh dari warga..hehehe

Petualangan dilanjutkan ke Crystal Bay, sebuah pantai yang terkenal sangat jernih airnya seperti crystal sehingga disebut crystal bay. Pantai ini sering digunakan untuk menyelam dan snorkling, pada bulan-bulan tertentu kita dapat diving bersama ikan langka Mola-mola. Sayang, saat sampai disana gelombang sedang besar, dan kebetulan habis hujan, sehingga air laut cenderung keruh.

DSC_1341

Crystal Bay

DSC_1332

Pura di pinggiran Crystal Bay

Perjalanan pun diteruskan, kami memburu sunset di dermaga Penida. Sampai di dermaga kami langsung disambut langit jingga, sebuah pemandangan yang sayang dilewatkan dari jepetan kamera.

DSC_1394

Sunset hunter

DSC_1382

Senja Jingga

DSC_1374

Sunset Hunter

Perjalanan hari pertama di akhiri dengan tenggelamnya matahari jingga di ufuk barat. Matahari turun ke peraduan, dan kami beristirahat untuk petualangan esok pagi..

Pagi hari menikmati pantai di sekitar penginapan, melihat aktivitas penduduk di pagi hari. Sebagian besar penduduk Nusa Penida bermata pencaharian sebagai petani rumput laut. rumah nelayan disini cukup unik, berbahan rumbia dan menimbulkan kesan etnik..

DSC_1426

Petani rumput laut memanen rumput laut

DSC_1421

Hamparan tanaman rumput laut

DSC_1420

Rumah nelayan Nusa Penida

Pukul 10;00 WITA kami bersiap balik menuju Pulau Bali, Namun karena penyeberangan langsung sudah habis karena terlalu siang, maka kami menyeberangb lewat Nusa Lembongan. Mencarter perahu tempel ke Nusa Lembongan dengan tarif Rp. 25.000,-/ orang kemudian disambung dengan SpeedBoat dar Nusa Lembongan ke Sanur dengan tarif Rp. 85.000,- / orang.

DSC_1444

Nusa Lembongan

DSC_1454

Menunggu Speed Boat

Demikian perjalanan kali ini, semoga menambah kecintaan pembaca sekalian kepada Indonesia,.Salam

21 replies to this post
  1. mas saya mau tanya kira kira tiket penyebrangan dapat di beli dimana dengan harga berkisar 75.000 – 90.000, soalnya saya ngecek di internet selalu 200-250 ribu,
    mohon info mas

  2. naiknya yang deket pasar sanur mas, dari pantai ke arah kiri, tanya aja sugriwa boat, harganya 75 -85 rb

  3. wah, g ada mas no telpnya..
    tapi biasanya di dermaga udah banyak orang nongkrong menyewakan motor, pinter2 aja nawarnya mas Andi

  4. wah g ada mas no contactnya..
    tapi biasanya di dermaga udah banyak pemuda yang nongkrong menyewakan sepeda motor dengan berbagai pilihan rasa..hehehe

    • wah kalo nama penginapannya lupa apa, pokoknya depannya pura terbesar di nusa penida, tapi bentuknya homestay gitu sih, kalo yang hotel2 gtu banyak jg di deket-deket pelabuhan. thanks

  5. Mas, mau tanya kalo dari nusa penida ke lembongan schedule boat nya ada jam brp aja? terus naik nya dari mana ya? Thanks in advance

    • kayanya g ada mas, waktu itu kita sistemnya carter sih mas, jd naik boat kecil gitu, kita patungan orang 7 ang, perorang kenanya 30ribu..

  6. Kak, adakah kontak sugriwa boat?
    Karena temanku yg di Bali aja aku tanyain dia nyebrang dari Sanur ke Nusa Lembongan kena 200ribu PP. Jadi tertarik dapet list harga murmer begini.

  7. kalo butuh info dan booking transport dan akomodasi ke nusa penida bisa hub. 085238548692. saya siap bantuin.

  8. maaf dari nusa penida untuk ke lembongan dari pelabuhan apa namanya? dan nyampe d nusa lembongannya di pelabuhan apa? mohon pencerahan.. 🙂

  9. kalo ke nusa lembongan dari nusa penida naiknya di pelabuhan toyapakeh . sedangkan di lembongan namanya pelabuhan jembatan kuning. kalo butuh sewa motor bisa hub saya 085238548692.

  10. Dear Mas Ardhi,
    Apabila saya baca di blog Mas Ardhi untuk trasnportasi dari Nusa Penida ke Nusa Lembongan memakai perahu tempel dengan harga 25.000 saja, bisa saya tahu berangkat dari mana di Nusa penida-nya dan untuk perahu tempel tsb ada jadwal keberangkatannya kah?

  11. Saya mau Trip ke Nusa Penida tgl 14 Agustus 2016. MUngkin ada yg mau sharing trip, biar sharing budget sewa mobilnya, bisa line ya ke didi8886

  12. eh ternyata mas ardi kakak kelas..mas klo kapal dari nusa peninda ke sanur paling sore jam berapa ya .. tau gak?rencana besok pagi mau kesana

  13. wah terimakasih dengan postingan ke nusa penida di blog ini. jadi menambah wawasan tentang nusa penida dan bangga dengan interksi dan komentarnya juga sangat menjawab permasalahanya.

    bli rai saya simpan nomernya, kalo ada yang cari informasi sewa motor di nusa pasti saya hubungi bli rai. kebetulan saya juga menyediakan jasa penyewaan motor untuk di besar kususnya sewa motor daerah sekitar bandara ngurah rai dan kuta.

    untuk boat ke penida dari sanur biasanya ada 3 jam pilihan jam perjalanan pagi jam 8, 9 dan 11 yang trakhir jam 11 dan dari nusa penida ke sanur jam 12, 2 dan trakhir jam 3/4 tergantung gelombang. biasanya gelombang lebih besar bisa lebih awal. untuk harga warga negara indonesia, tarif boat sanur ke nusa sekali jalan biasanya sama 75rb/orang. tempatnya pas disanur dekat dengan bali beach hotel atau yang ada warung mak benk. disana ada deretan penyewaan boat yang public maupun perusaahaan.

    dari bandara ke sanur, pilihanya bisa pakai taxi karena tidak ada pilihan ataupun dengan taxi online. kalo mau pakai motor atau mobil sewaan, bisa dititipkan diparkiran usaha jasa boat yang dipakai, aman juga.

    tapi kalo mau naik motor ke nusa penida agak ribet kayanya. karena mesti ke padang bay dulu atau sekitar 2 jam. dan itu nanti pake sejenis feri, tapi jadwalnya ga karuan kayanya. kalo mau 5 hari disana, okelah bawa motor sendiri.

    penginapanya saya kurang tau, mungkin pura besar yang dimaksud. pura dalem ped di nusa penida yang biasa dijadikan tempat bertitra yatra bagi penduduk hindu bali dan merupakan salah satu pura besar di nusa selain pura giri putri.

Leave a Reply