Home Traveler's Note Terjun bebas di Air Terjun Sri Gethuk

Apa yang anda pikirkan saat anda mendengar kata Gunungkidul? Kekeringan? Jika benar, nampaknya anda harus mulai merevisi hal ini. Walaupun pada kenyataannya masih terdapat beberapa daerah yang masih kering dan sulit air, namun di beberapa daerah di Gunungkidul malah tidak pernah kekurangan air. Sebut saja daerah Bleberan, tempat dimana Air Terjun Sri Gethuk selalu mengalirkan airnya sepanjang waktu tanpa mengenal musim.

Belakangan ini Air Terjun Sri Gethuk memang mulai populer sebagai salah satu Objek Wisata Alam yang menyuguhkan pemandangan yang indah. Dari parkiran kendaraan, Anda harus sedikit berolahraga terlebih dahulu dengan sedikit berjalan kaki, termasuk juga harus menuruni tangga kira-kira sejauh 200 meter. Di ujung tangga anda tidak akan menemukan air terjun, di sini Anda hanya akan melihat sungai saja.

Jalan turun tangga dulu bro

Jalan turun tangga dulu bro

Lha trus air terjunnya mana? Sabar bro…

Air Terjun Sri Gethuk terletak di tepi sungai oya. Untuk mencapainya air terjun ini, bisa ditempuh dengan 2 cara yaitu dengan cara Numpak Prau (Naik Perahu), dan Mlaku (berjalan kaki). Perahu yang dimaksud di sini hanya berupa rakit sederhana yang digerakkan dengan motor. Cukup dengan Rp. 10.000, anda sudah mendapatkan tiket PP menuju ke air terjun. Sebenarnya jika ditempuh dengan berjalan kaki pun jaraknya tidak terlalu jauh dan jalan yang dilewati juga berupa jalan semen, bukan jalan tanah. Namun kita bisa merasakan sensasi tersendiri saat menaiki rakit menyusuri sungai oya.

Perjalanan via air, naik rakit

Perjalanan via air, naik rakit

Perjalanan via darat, jalan kaki

Perjalanan via darat, jalan kaki

Sebenernya di luar 2 cara tadi, masih ada 1 cara lagi untk mencapai Air Terjun Sri Gethuk, yaitu dengan nglangi (berenang), a.k.a body rafting. Tidak usah takut tenggelam, kita diberi fasilitas pelampung dan pemandu yang akan mengantarkan kita sampai  ke tujuan. Selain itu juga tidak usah khawatir karena di tempat ini tidak ada ikan hiu.

Perjalanan menuju air terjun Sri Gethuk lewat jalur sungai

Perjalanan menuju air terjun Sri Gethuk lewat jalur sungai

Pada saat saya berkunjung ke sana, Objek wisata ini sedang dipenuhi oleh menungsa (manusia) karena memang saya datang pada saat musim liburan. Hal ini pula yang menyebabkan saya lebih memilih berjalan kaki karena antrian untuk menaiki rakit yang cukup panjang. Sesampainya di lokasi Air Terjun, anda bisa bebas berekspresi. Jangan lupa membawa kamera, karena mungkin anda akan menyesal jika tidak mengabadikan momen anda bersama Air Terjun Sri Gethuk yang eksotis ini.

Jangan lupa bawa kamera yak

Jangan kalah pose sama anak ini

Eksotisnya Air Terjun Sri Gethuk

Eksotisnya Air Terjun Sri Gethuk

Mau ngerasain bertapa di bawah Air Terjun? Bisa!!!

Mau nyobain bertapa di bawah Air Terjun? Bisa!!!

Satu hal yang menarik adalah selain bisa menikmati keindahan Air Terjun, di sini kita juga bebas berenang termasuk loncat bebas di sungai oya yang tepat melintas di depan Air Terjun Sri Gethuk. Harap berhati-hati karena sungainya lumayan dalam, dengan kedalaman sekitar 3 meter. Tapi tenang, bagi anda yang tidak bisa berenang, di tempat ini juga disediakan persewaan pelampung.

Terjun bebas di depan Air Terjun.. satu.. dua.. lompaaat

Terjun bebas di depan Air Terjun.. satu.. dua.. lompaaat

4 replies to this post
  1. Mantap yaa traveling ke air terjun, bisa berenang dan terjun bebas kaya gitu .. keren keren deh .. gue suka banget liat2 keseruan aktivitas outdoor

  2. If your site is relatively sound, the most important results for you to consider are the keyword hits.
    The trends in this industry change and new developments take place
    only when Google comes up with some novel feature that ends up breaking every site’s SEO and compels them to consider a change in their current content presentation in order to do
    well. Thematic relevance is of key importance for the creation of quality backlinks.
    You have to take price quotes from different SEO
    companies locally and internationally.

Leave a Reply